Wisata Offroad Bromo, Jawa Timur
November 30, 2016
Paket Wisata Muslim
Takut Tak Bisa Sholat saat Plesiran? Tenang, Ada Paket Wisata Muslim Untuk Anda
January 4, 2017

Hebat! Ini Dia Prestasi Wisata Halal Indonesia di Kancah Dunia

Photo source: http://jabar.tribunnews.com/2016/04/19/film-wonderful-indonesia-west-papua-raih-penghargaan-di-bulgaria

Photo source: http://jabar.tribunnews.com/2016/04/19/film-wonderful-indonesia-west-papua-raih-penghargaan-di-bulgaria

(Keywords: wisata halal, Indonesia, penghargaan, Muslim, Plesir Alam)

Target untuk menjadi destinasi wisata halal nomor satu di dunia pada tahun 2016 tampaknya tidak mustahil  diraih Indonesia. Sebagai Negara dengan populasi penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia kian mantap melangkahkan kaki ke sektor wisata halal.

Setelah tahun lalu sukses memenangkan 3 kategori penghargaan di World Halal Tourism Awards (WHTA) 2015, Indonesia kembali berjaya dengan menyabet 12 trofi dari 16 kategori nominasi di WHTA 2016. Dalam ajang penghargaan prestisius yang menjadi bagian dari kegiatan World Halal Tourism Summit 2016 yang dihelat di Abu Dhabi National Exhibiton Center ini, Indonesia berhasil mencuri mata dunia dengan kemenangan telak.

Berawal dari voting yang diluncurkan pada 11 September lalu, Indonesia akhirnya menorehkan sejarah dengan mengusung 12 trofi dari 12 kategori yang diikutinya. Kemenangan yang diumumkan pada tanggal 7 Desember 2016 ini merupakan prestasi yang luar biasa karena sebanyak 75% dari total penghargaan, sukses diusung pulang dari Abu Dhabi ke tanah air.

Picture Source: indonesia.travel

Picture Source: indonesia.travel

 

Situs resmi Halal Tourism Awards mencatat, terdapat 1,9 juta voters dari 116 negara yang telah berpartisipasi untuk memberikan suara. Dalam acara yang diprakarsai oleh Organization of Islamic Coorporation (OIC) ini, Indonesia menjadi jawara dalam kategori:

  1. World’s Best Airline for Halal Travellers (Garuda Indonesia);
  2. World’s Best Airport for Halal Travellers (Sultan Iskandar Muda International Airport, Aceh Indonesia);
  3. World’s Best Family Friendly Hotel (The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia);
  4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel (Trans Luxury Hotel Bandung Indonesia);
  5. World’s Best Halal Beach Resort (Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, NTB);
  6. World’s Best Halal Tour Operator (Ero Tour, Sumatera Barat, Indonesia);
  7. World’s Best Halal Tourism (Website www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia);
  8. World’s Best Halal Honeymoon Destination (Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia);
  9. World’s Best Hajj & Umrah Operator (ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia);
  10. World’s Best Halal Destination (Sumatera Barat, Indonesia);
  11. World’s Best Halal Culinary Destination (Sumatera Barat, Indonesia);
  12. World’s Best Halal Cultural Destination (Aceh, Indonesia).

Kemenangan ini tentu menjadi titik tolak yang manis untuk masa depan pariwisata Indonesia. Wisata halal sendiri merupakan sektor wisata yang membidik target wisatawan Muslim, yang merupakan mayoritas penganut agama Negara Zamrud Khatulistiwa ini. Para pelaku wisata yang bergerak di bidang wisata halal diharuskan memiliki komitmen untuk selalu menyediakan makanan halal, kemudahan beribadah, serta menyiapkan berbagai fasilitas lainnya yang sesuai dengan standar dan aturan umat Muslim.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan bahwa tahun 2015 dan 2016 adalah tahun yang dramatis bagi wisata halal Indonesia. “Malaysia dan Turki itu legenda di Wisata Halal Dunia. Dari waktu ke waktu, ya dua negara ini yang menonjol. Dua tahun ini 2015 dan 2016, kita ambil alih!” ujar Menpar seperti yang dikutip oleh situs resmi Kementerian Pariwisata.

Sebelum ikut serta dalam menyumbang nominasi di WHTA 2016, Kementerian Pariwisata juga telah mengadakan acara Malam Anugerah Kompetisi Pariwisata Halal Indonesia 2016 di Jakarta, awal Oktober lalu. Kala itu, Menpar menargetkan minimal 3 trofi untuk disabet di WHTA 2016. Namun, hasil yang didapatkan ternyata melebihi ekspektasi. 12 penghargaan berhasil dibawa pulang dengan senyuman puas ke tanah air. Hal ini menjadi bukti bahwa sektor wisata halal Indonesia mulai diperhitungkan di kancah dunia.

Picture Source: Kementerian Pariwisata

Picture Source: Kementerian Pariwisata

Mayoritas penduduk Muslim dipadukan dengan adat istiadat masyarakat yang ramah dan penuh sopan santun, seolah melengkapi keindahan alam dan kekayaan budaya di Nusantara. Sebagai perusahaan travel yang bergerak di sektor wisata halal, PLESIR ALAM juga memiliki komitmen untuk menyajikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan yang ingin melakukan perjalanan penuh makna tanpa harus meninggalkan standar kebaikan umat Muslim.

Kami mengajak Anda untuk mengeksplorasi keindahan Indonesia dan dunia melalui programUmroh, Tour, dan Travel yang telah dikemas ekslusif bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman wisata penuh makna. Informasi lebih lanjut tentang produk-produk terbaik PLESIR ALAM dapat dilihat di tautan http://plesiralam.com/tour-package/, atau hubungi tim operasional dan marketing kami di nomor kontak +6221 7822 461 dan +62 822 6000 1320 (Mobile/WA).

Mari bersama-sama memajukan wisata halal Indonesia!

 

Penulis

Kiki Pradita

Plesir Alam |Umroh, Tour, and Travel