Paket Tour Jepang 2017 Hiroshima Nagasaki
Pernah Dibom Amerika, Kota Ini Justru Menyihir Mata Dunia  
March 6, 2017
Tsutomu Yamaguchi, Plesir Alam - Japanese Heritage Tour
Dua Kali Lolos dari Maut, Inilah Sosok Pria Paling Beruntung Sedunia
March 20, 2017

Miliki Kisah Penuh Ironi, Para Samurai Ini Justru Dikagumi

paket tour jepang sengakuji 47 ronin

Ilustrasi: Film '47 Ronin' (2013). Photo via fanboy-confidential.com

(Keywords: Ironi, Samurai, Japanese Heritage Tour, Halal Tour)

Pada tahun 1701 Masehi, seorang pemimpin samurai bernama Oishi Kuranosuke kedatangan dua orang tamu yang tergopoh-gopoh memasuki rumahnya di pagi hari. Tamu tak diundang itu bernama Hayami Misutaka dan Kayano Sanpai.

Hayami dan Sanpai berhasil menemui Oishi setelah menempuh perjalanan jauh selama 4,5 hari dari Kota Edo (sekarang Tokyo) menuju Kota Ako yang berada di pesisir Laut Pedalaman Seto.

Kedua lelaki itu mendatangi Oishi untuk menyampaikan sebuah berita penting.

Oishi terkejut bukan main saat disampaikan kabar bahwa junjungannya telah dijatuhi hukuman mati oleh pemimpin tertinggi Jepang, Shogun Tokugawa Tsunayoshi.

Junjungan Oishi tersebut bernama Asano Naganori, seorang daimyo (pemimpin kaum bangsawan) yang sangat terpandang di Kota Ako.

Oishi marah besar ketika mengetahui bahwa Asano dihukum mati lantaran Shogun termakan oleh tipu muslihat seorang menterinya yang culas, Kira Yoshihisa.

Kira menghina Asano karena daimyo kebanggaan Kota Ako tersebut menolak untuk membayarkan sejumlah uang suap. Asano menuding Kira sebagai seorang koruptor, sehingga perseteruan itu berujung pada pertarungan berdarah di dalam Istana Edo milik Shogun.

paket tour jepang sengakuji 47 ronin tokyo

Ilustrasi: Asano Naganori menyerang Kira di Istana Edo. Photo via i.imgur.com

Sebagai pihak yang dituding telah menyerang terlebih dulu, Asano harus mempertanggungjawabkan perbuatannya sementara Kira dibebaskan begitu saja dari hukuman.

Perkelahian di dalam Istana Shogun merupakan perbuatan yang terlarang dan dikategorikan sebagai kejahatan kelas berat.

Shogun menjatuhkan hukuman seppuku, yaitu menusuk perut dengan pisau untuk mengeluarkan ususnya sendiri kepada Asano Naganori.

Karena kasus itu, Asano gugur tanpa pembelaan dan Oishi sebagai bawahan Asano bersumpah untuk membalaskan dendamnya kepada Kira untuk mendiang junjungannya.

Bersama mantan bawahan Asano yang berjumlah 46 orang, Oishi menyusun strategi untuk membunuh Kira demi mengembalikan nama baik junjungan mereka yang telah dirusak secara amoral.

Pasukannya dikenal sebagai 47 roninRonin merupakan sebutan untuk samurai yang telah kehilangan tuannya.

47 ronin ini dengan gagah berani menyerang kediaman Kira pada malam musim dingin di tahun 1703.

paket tour jepang tokyo 47 ronin

Ilustrasi penyerangan 47 ronin ke kediaman Kira dalam lukisan klasik Jepang. Photo via www.bushidoboutique.com

Di tangan Oishi, leher Kira berhasil dipenggal. Kepala sang musuh dipersembahkan di depan pusara Asano Naganori di halaman Kuil Sengakuji setelah dicuci di sumur yang disebut Kubiarai Ido.

Tanpa gentar, Oishi dan pengikutnya menitipkan pesan kepada Shogun:

“Tidak pantas jika kami hidup di bawah langit yang sama dengan musuh junjungan kami. Karena alasan inilah, kami berani mengobarkan perseteruan melawan seorang tokoh yang dihormati.” (Diterjemahkan dari Final Statement of The 47 Ronin, en.wikisource.org).

Akibat perbuatan mereka, Oishi beserta 46 ronin pengikutnya dijatuhkan hukuman mati.

Mereka tewas setelah dituntut untuk melakukkan seppuku secara bersamaan di halaman Kuil Sengakuji, tepat di depan pusara mendiang junjungan mereka: Asano Naganori.

paket tour jepang 47 ronin tokyo

Ilustrasi ‘sepukku’ dalam film ’47 Ronin’ (2013). Photo via nevereversober.com

Japanese Heritage Tour: Merenung di Sengakuji, Belajar Tentang Kesetiaan Tanpa Pamrih

Setelah lebih dari 3 abad peristiwa heroik yang dilakukan oleh pasukan 47 ronin pimpinan Oishi Kuranosuke berlalu, kisah kepahlawanan ini masih tetap dikagumi oleh masyarakat Jepang bahkan dunia dari waktu-waktu.

Tidak hanya kerap diabadikan oleh seniman dan penulis lokal Jepang dalam karya-karya mereka, penulis Amerika seperti John Allyn pun mengangkat kisah kesetiaan ronin yang legendaris ini dalam novelnya.

Tak hanya berupa novel, sutradara Holywood Carl Rinsch pun telah berhasil mengajak aktor populer sekelas Keanu Reeves untuk bermain dalam film arahannya yang berjudul ‘47 Ronin’.

Namun, kehebatan kisah 47 ronin yang telah mencuri hati masyarakat dunia ini nampaknya berbanding terbalik dengan kondisi Sengakuji, kuil tempat peristirahatan terakhir Asano Naganori dan 47 bawahannya yang setia.

paket tour jepang sengakuji temple

Kuil Sengakuji, kompleks makam 47 ronin. Photo via www.broketourist.net

Suasana Kuil Sengakuji yang terletak di daerah Minato, Tokyo, nyatanya tidak seramai gegap gempita publik yang selalu mengagungkan kisah kepahlawanan 47 ronin.

Kuil tua yang dipayungi oleh pepohonan besar bernuansa hijau pekat ini selalu tampak tenang dan bersahaja.

Saat pengunjung melangkahkan kaki ke halamannya akan tercium wangi bunga segar yang ditinggalkan oleh para peziarah di depan pusara.

Pusara abu-abu yang saling berjajar itu adalah milik Oshio Kuranosuke dan 46 pengikutnya.

Di antara pusara mereka terdapat pusara terbesar bertuliskan nama Asano Naganori, junjungan yang mereka bela kehormatannya dengan taruhan nyawa.

Di kanan dan kiri jalan setapak, barisan patung 47 ronin telah berdiri dengan gagah untuk menyambut pengunjung yang terpikat dengan kisah heroik mereka.

Paket tour Jepang Sengakuji Tokyo patung 47 ronin

Patung 47 ronin di komplek Sengakuji, Tokyo. Photo via zoomingjapan.com

Tidak hanya pusara dan bangunan kuil, Sumur Kubiarai Ido tempat kepala Kira dicuci sebelum dipersembahkan di depan makam Asano Naganori pun masih dapat dilihat hingga kini.

Suasana sendu yang tenang di Sengakuji selalu membuat pengunjung hanyut dalam nuansa ironis yang mengetuk hati.

Plesir Alam akan mengajak Anda mengunjungi kuil penuh kenangan ini untuk mengagumi 47 ronin dan Asano Naganori yang selama 3 abad selalu dicintai oleh masyarakat dunia.

Paket Japanese Heritage Tour: The Samurai Secret Journey adalah persembahan istimewa dari kami untuk Anda, travellers yang mencintai kemegahan sejarah dan ingin belajar tentang kebijaksanaan hidup para samurai di Tokyo.

Kami mengombinasikan antara tour dengan experiential learning yang akan membuat Anda terjerat dalam kenangan 47 ronin yang inspiratif dan penuh ironi.

Paket tour jepang sengakuji tokyo

Patung 47 ronin di komplek Sengakuji, Tokyo. Photo via japantimes.co.jp

Plesir Alam akan membawa Anda berjalan mundur melintasi masa dengan konsep khusus tour with storytelling yang kami sajikan untuk kisah heroik 47 ronin ini yang fenomenal dan edukatif hanya untuk Anda.

Kunjungi tautan PAKET JAPANESE HERITAGE TOUR: THE SAMURAI SECRET JOURNEY.

Bersama Plesir Alam, bersiaplah untuk dibuat takjub oleh kisah kesetiaan legendaris dari 47 ronin yang luar biasa ini.

 

Penulis

Kiki Pradita

Plesir Alam | Japanese Heritage Tour | Halal Tour