Napak Tilas Kebudayaan Islam di Benua Eropa dan Afrika

Agama islam yang dibawa oleh Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam telah berkembang ke berbagai belahan penjuru dunia. Itu tidak lepas dari usaha sahabat-sahabatnya yang setia dan tekun untuk menyebarkan islam.

Benua Afrika

Hingga sampailah penyebaran agama islam di benua Afrika. Masuknya islam di benua afrika itu tidak lepas dari hijrahnya sahabat nabi ke Hasbsy dan di sana mereka diperlakukan dengan sangat baik oleh masyarakat maupun dari penguasa yaitu Raja Najjasyi atau Negus. Pada masa khalifah Umar bin Khattab, panglima perang Amar bin Ash telah menguasai mesir pada tahun (639-644) yaitu setelah mengalahkan tentara Bizantium. Seterusnya sampai masa khalifah Utsman bin Affan yaitu khalifah ketiga dari Khulafaur Rasyidin mengirim panglima perang yang bernama Abdullan bin Sa’ad bin Abi Sarrah yang berhasil melawan tekanan-tekanan pasukan perang Bizantium dan terus maju sampai Barqoh dan Tripoli yang jatuh ke tangannya. Pasukan Abdullah maju dan menggempur terus hingga sampai ke kota Carthage, ibu kota romawi di afrika utara waktu itu. Akhirnya atas permintaan penguasa Bizantium diadakan gencatan senjata. Mendengar pemberitaan gencatan senjata tersebut Raja Constantine III sangat marah, dan memperintahkan seluruh pasukannya untuk menyerang pasukan muslimin dan merebut kembali kota-kota yang telah dikuasai. Pada saat itu kondisi politik di Madinah kurang mendukung untuk melanjutkan perang yang akhirnya khalifah Utsman bin Affan terbunuh dan keadaan kacau hingga sahabat nabi Ali bin Abi Thalib terbunuh juga.

Dinasti-dinasti kecil

Beberapa dinasti yang ada di Afrika Utara

  1. Dinasti Idrisiah di Maroko
  2. Dinasti Aghlabiah
  3. Dinasti Ibnu Toulun
  4. Dinasti Ikhshid 935-969 M
  5. Dinasti Murabithun (448-541 H/1056-1147 M)
  6. Dinasti Muwahhidun

 

Bukti sejarah peninggalan islam di Afrika

  1. Masjid Uqba bin Nafi
  2. Ribat Monastir
  3. Kasbah di Bizerte
  4. Ribat di Susa
  5. Kasbah des Oudayas
  6. Tour Hassan
  7. Universitas Al Qarawiyyin
  8. Masjid Sankore
  9. Masjid Agung Djenne

 

Perkembangan islam di benua Afrika sangat pesat, itu terbukti dari penginggalan sejarah islam di benua Afrika dan beberapa dinasti yang berdiri pada masa islam memasuki Afrika. semenjak sahabat-sahabat nabi telah meninggalkan jejak di benua afrika kebudayaan islam telah mengakar di berbagai Negara yang ada di benua Afrika, seperti Maroko.

Negara Maroko sebuah Negara yang merdeka yang mempunyai kemampuan bertahan sebagai sebuah rezim otoritasnya didasarkan kombinasi antara symbol khilafah dan sufi, meskipun Negara ini sangat kesulitan dalam memperkokoh otoritasnya di wilayah pedesaan atau pedalaman. Adapun kelas politik menengah, maroko seperti kebanggaan tuan tanah bangsawan, yang mana pada masyarakat timur tengah lainnya mereka menghendaki kekuasaan yang memusat. Adapun posisi bangsa maroko pertama berlangsung dalam bentuk pemberontakan Abdullah kariim di wilayah penduduk Spanyol.

Abdullah Karim adalah seorang intelektual, memiliki karir sebagai Qodi, guru besar sebagai editor surat kabar telegram, ia mengetahui benar kultur bangsa Spanyol dan memiliki banyak koneksi dengan pihak Eropa.

 

 

Benua Eropa

Islam adalah agama terbesar di benua Eropa setelah agama Kristen, meskipun mayoritas muslim di Eropa saat ini adalah imigran, terdapat penduduk bumi asli Eropa yang memeluk islam di Balkan.

Islam masuk ke Eropa selatan melalui invasi “Moor” dari Afrika Utara pada abad ke 8-10. Selama beberapa abad, entitas politik muslim berdiri kokoh di wilayah yang saat ini adalah Spanyol, Portugal, selatan Italia dan Malta. Komunitas muslim di wilayah tersebut kemudian dikonversi atau diusir pada akhir abad ke-15.

Di kaukasus perluasan islam terjadi setelah penaklukan oleh dinasti Persia sejak awal abad ke 16. Kesultanan utsmaniyah menyebarkan islam ke Eropa tenggara melalui penaklukan sebagian besar kekaisaran Bizantium pada abad 14 dan 15. Selama berabad-abad kesultanan Utsmaniyah juga secara bertahap kehilangan hampir sebagian besar wilayah Eropa, hingga akhirnya runtuh pada tahun 1992. Penduduk asli yang memeluk islam di Negara-negara di Balkan saat ini memiliki populasi yang besar, walaupun mayoritasnya berpaham sekuler.

Istilah “Muslim Eropa” digunakan untuk negara-negara mayoritas Muslim seperti Albania, Kosovo dan Bosnia dan Herzegovina. Negara-begara lintas benua seperti Turki, Azerbaijan dan Kazakhstan memiliki populasi Muslim yang besar, seperti halnya di Kaukasus Utara, Rusia.

Lalu bagaimana sejarah islam yang ada di kota Madrid dan terletak di benua Eropa. ?

Madrid adalah ibu kota Negara Spanyol dan juga merupakan kota terbesarnya. Berdasarkan badan pusat statistik Spanyol, populasi kota Madrid pada tahun 2012 sebanyak 3,3 juta jiwa. Berdasarkan populasi, Madrid adalah kota ketiga terbesar di antara Negara-negara yang tergabung dalam persatuan Eropa setelah London dan Berlin.

Madrid ternyata juga merupakan sebagai tempat tinggal didirikan pertama kali oleh kaum muslimin. Pada tahun 711 M, pasukan kekhilafahan Umayyah dibawah pimpinan Tariq ibn Ziyad menyeberang dari Maroko ke Spanyol dan menaklukkan seluruh wilayah Spanyol dan Portugal modern dari kerajaan Visigoth kecuali sedikit di utara. Tahun tersebut adalah tahun yang menandakan lahirnya peradaban Islam di Spanyol sampai kira-kira 800 tahun kedepan.

Menurut sejarawan Spanyol yang bernama Oliver Asin, Madrid awalnya adalah benteng di dekat perbatasan dengan kerajaan Leon dan Castile di utara, fungsinya mengawasi kemungkinan serangan dari kedua kerajaan tersebut terhadap kaum Muslim di selatan. Benteng tersebut dibangun atas perintah penguasa Kordoba, Muhammad I pada paruh kedua abad kesembilan masehi (kira-kira 852-866 M). Selain benteng, di daerah tersebut juga dibangun rumah-rumah dan masjid. Muslim Spanyol menyebut daerah berdirinya benteng tersebut “Al Madjrit” yang berarti saluran air

Selama 800 tahun kepemimpinan Muslim di Spanyol sampai tahun 1492 M, Madrid bukanlah ibu kota Muslim Spanyol bahkan bukan termasuk kota utama, saat itu kota-kota utama di Spanyol adalah Kordoba, Toledo, Sevilla, Valencia dan Granada. Madrid baru menjadi ibu kota Spanyol setelah Muslim tidak lagi memerintah yaitu di tahun 1561 M atas perintah Raja Spanyol Philip II.

PROMO UMROH PLUS : Maroco, Casablanca, Madrid
Keberangkatan estimasi paket 16 Hari, 13 Maret
Harga 49.000.000
1 USD 15.000
Jadi 49.000.000 : 15000
= 3266 USD
Harga Termasuk :
• Pesawat Etihad
• Hotel mekkah : Riyadhah Hijra
• Hotel Madinah : New Ansor
• Hotel Maroco, Casablanca, Madrid *3
Contact Person : 021-7822461 (+62 811-1205-805)
PT. Assakinah Insani Tour

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *